Dalam suatu penelitian, seorang peneliti sudah selayaknya membuat rancangan penelitian untuk memudahkan peneliti tersebut dalam pelaksanaan penelitian, pengumpulan data dan analisis data, sehingga penelitiannya dapat berjalan dengan lancar.

Menurut Asep Mulyana (2008) rancangan penelitian pada dasarnya merupakan “blueprint” yang menjelaskan setiap prosedur penelitian mulai dari tujuan penelitian sampai dengan analisis data. Komponen yang umumnya terdapat  dalam rancangan penelitian, antara lain :

 1. Tujuan penelitian

2. Jenis penelitian yang akan digunakan

3. Unit analisis atau populasi penelitian

4. Rentang waktu dan tempat penelitian dilakukan

5. Teknik pengambilan sampel

6. Teknik pengumpulan data

7. Definisi operasional variabel penelitian

8. Pengukuran

9. Teknik analisis data.

10.  Instrumen pencarian data (mis. Kuesioner)

Ad. 1. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian merupakan hasil akhir penelitian. Fungsi tujuan penelitian adalah untuk mengarahkan proses penelitian dan sebagai tolok ukur keberhasilan penelitian.

Contoh Tujuan Penelitian :

Untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. X

Ad. 2.  Jenis penelitian yang akan diaplikasikan

Banyak jenis penelitian yang dapat digunakan seorang peneliti, antara lain :  penelitian deskriptif, korelasional, eksperimental. Penelitian deskriptif  bertujuan menggambarkan fakta-fakta yang ditemukan dalam proses penelitian. Penelitian korelasional bertujuan untuk mencari hubungan antgara variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian eksperimental  adalah suatu penelitian yang di dalamnya ditemukan minimal satu variabel yang dimanipulasi untuk mempelajari hubungan sebab-akibat (Solso & MacLin, 2002).

Ad. 3. Unit analisis atau populasi penelitian

Individual. Misalnya ingin mengetahui kepuasan pegawai, maka unit analisisnya adalah individu-individu pegawai.

Kelompok. Misalnya ingin mengetahui kinerja antar departemen atau gugus kendali mutu, maka unit analisisnya adalah kelompok.

Organisasi. Misalnya ingin mengukur kualitas pelayanan kantor X, maka unit analisisnya adalah organisasi.

Benda. Misalnya menilai kualitas susu bubuk untuk bayi, maka unit analisis- nya adalah produk, berupa susu bayi.

 Ad. 4.  Rentang waktu penelitian

a. One shot or Cross section studies, data dikumpulkan hanya sekali.

b. Longitudinal studies, data dikumpulkan dalam beberapa periode waktu tertentu. Misalnya untuk meneliti disiplin pegawai, peneliti mengamati perilaku pegawai selama enam bulan

Ad.5. Teknik pengambilan sampel

Secara umum ada dua teknik, yaitu sampling probabilistik dan nonproba-bilistik, atau acak dan non-acak. Dalam sampel acak antara lain terdapat simple random sampling, stratified random sampling, area sampling, cluster sampling, systematic sampling. Dalam nonprobabilistic sampling antara lain terdapat accidental sampling, convienience sampling, snow-ball sampling, purposive sampling. Kesemua teknik pengambilan sampel harus disesuaikan dengan kondisi penelitian.

Ad. 6.  Teknik Pengumpulan data

Pada dasarnya ada empat jenis teknik pengumpulan data, antara lain : wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Suatu  penelitian dapat menggunakan satu teknik pengumpulan data, misalnya wawancara saja atau dokumentasi saja, atau dapat juga  mengkombinasikan keempat teknik pengumpulan data tersebut.

Ad. 7.  Definisi operasional variabel penelitian

Dalam penelitian kualitatif, definisi operasional tidak perlu dijelaskan karena tidak  menguji hubungan antara variabel.  Namun dalam penelitian kuantitatif, definisi operasional perlu dijelaskan tentang bagaimana indikator suatu variabel dan bagaimana cara pengukurannya.

Ad. 8.  Pengukuran variabel penelitian

Untuk memudahkan analisis data, maka suatu variabel perlu dijelaskan alat ukurnya dalam skala. Skala yang dimaksud antara lain : skala  nominal, ordinal, interval, dan rasio.

Ad.9.  Teknik analisis data

Sebelum data dianalisis, maka data yang telah dikumpulkan diolah terlebih dahulu dengan cara  editing, coding, master table, dan lain-lainnya. Setelah data diolah, maka selanjutnya dilakukan analisis data, antara lain : Uji korelasi, Uji Regresi, Uji T, Uji F,  SEM dan lain-lain

10.  Instrumen Pencarian Data

Instrumen pencarian data meliputi  wawancara, kuesioner atau angket, observasi, dan studi dokumentasi

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s